Bulan Keluarga 2024

Tema: “Supaya Kamu Saling Mengasihi

Diterbitkan oleh:
Lembaga Pembinaan dan Pengaderan Sinode Gereja-gereja Kristen Jawa dan Sinode GKI Wilayah Jawa Tengah

Pengantar

Halo Sahabat LPP Sinode,

Puji syukur pada Allah, Lembaga Pembinaan dan Pengaderan Sinode GKJ dan GKI SW Jateng (LPP Sinode) telah menerbitkan bahan Bulan Keluarga 2024. Pada tahun ini tema yang digumuli adalah: “Supaya Kamu Saling Mengasihi”.  Tema ini didasarkan pada realitas saat ini dalam terang sabda Allah.  Realitas menunjukkan bahwa keluarga-keluarga Kristen dipanggil mewujudkan keluarga inklusi, khususnya berkait dengan penyandang disabilitas. Injil Yohanes 13:34 menjadi terang bagi kita untuk mewujudkan keluarga inklusi. Sekalipun bacaan dari Yohanes 13:34 tidak dijadikan bacaan khusus dalam ibadah Minggu, Pemahaman Alkitab maupun Persekutuan Doa, kiranya sabda ini menjadi sumber peneguhan sebagai keluarga inklusi. Untuk mendapat penjelasan dari teks ini dan kaitannya dengan tema, sahabat LPP Sinode dapat membacanya di Bahan Dasar Bulan Keluarga 2024.

Sebelum LPP Sinode mengangkat topik ini menjadi bahan Bulan Keluarga, Yayasan Kristen Untuk Kesehatan Umum (YAKKUM) yang bekerja sama dengan LPP Sinode telah mengadakan Pelatihan untuk Fasilitator Gereja Inklusi. Pelatihan itu diadakan di Salatiga, Yogyakarta, dan Metro – Lampung. Peserta pelatihan adalah utusan dari gereja-gereja yang ada di sekitar Rumah Sakit YAKKUM. Karena materi-materi dalam pelatihan itu penting, maka LPP Sinode mengembangkannya menjadi bahan Bulan Keluarga. 

Kami sadar bahwa tema bahan Bulan Keluarga tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Karena itu bahan ini perlu dipelajari secara mendalam. Kami menyarankan supaya panitia melibatkan berbagai kalangan yang memiliki kepedulian untuk mewujudkan keluarga inklusi,  seperti pegiat HAM, psikolog, pelayan medis, keluarga dan aktivis penyandang disabilitas, dan penyandang disabilitas di gereja maupun di masyarakat.

Bahan ini tersaji atas bantuan dari sahabat-sahabat LPP Sinode yang telah berkontribusi sejak pemikiran awal bahan hingga terbitnya bahan ini. Kami mengucapkan terima kasih kepada:

  1. Pdt. Sih El Mirmaningrum – PWG GKJ
  2. Pdt. Yudi Rumpoko – DPG GKI SW Jateng
  3. Pdt. Tabita Kartika Christiani – PTKSW GKI SW Jateng
  4. Pdt. Helen Aramada – GKI Peterongan Semarang
  5. Pdt. Waskito/Ibu Fera – GKI Nusukan Solo
  6. Pdt. Yahya Tirta Prewita – GKJ Purwantoro
  7. Pdt.  Oktavianus Heri P – GKJ Bekasi
  8. Pdt. Danny Purnama – GKI Gading Serpong
  9. Pdt. Andri Purnawan – GKI Darmo Satelit Surabaya
  10. Pdt. Rudi Aryanto – GKJ Pasar Minggu
  11. Ibu Arshinta – YAKKUM – Warga GKJ Ambarukmo
  12. Sdri. Anggiasari – GKJ Sawokembar
  13. Ibu Evalina Chrisna Damanik – GKJ Eben Haezer

Mengingat masing-masing gereja/jemaat memiliki kekhasannya masing-masing, kami mempersilahkan masing-masing gereja/jemaat yang menggunakan bahan ini menggunakan bahan dengan diolah terlebih dahulu. Berbagai daya dan kreativitas dapat dilakukan supaya bahan ini menjadi sarana yang menumbuhkan penghayatan dan perwujudkan keluarga inklusi.

Dari kompleks Samironobaru nomor 77 Yogyakarta, kami mengucapkan terima kasih kepada sahabat-sahabat atas berbagai dukungan, partisipasi bagi lembaga ini. Melalui setiap doa, dukungan dana, daya, dan berbagai partisipasi dari sahabat-sahabat lembaga ini dimampukan menjalankan fungsinya. Dengan iringan doa dari kami semua di LPP Sinode, kami berharap pelaksanaan Bulan Keluarga 2024 dapat berjalan dengan baik. Tuhan memberkati kita semua. 

Sumber: https://lpps.or.id/wp/2024/07/29/bulan-keluarga-2024/

Bahan Masa Bulan Keluarga 2024 dapat diunduh melalui link berikut ini:

Bahasa Indonesia:

https://lpps.or.id/wp/?ddownload=2269

Bahasa Jawa

https://lpps.or.id/wp/?ddownload=2280